Saturday, 3 February 2018

Pengalaman HSK 5

Hai. Jadi 2 Desember 2017 lalu aku diizinkan mengambil tes HSK 5 di Nanjing, Tiongkok. Atas izin Tuhan SA (baca; semesta alam), aku belajar dari Februari sekitar tanggal 20-something sampai Januari tanggal 10-an gitu. Rencananya, aku mau ambil tes HSK 6 di Indo juga (karena kalau nggak diusir babeh, aku masih stay di Indo dari akhir Jan - Agustus ini. meski diragukan.).

Sebenarnya materi yg diberikan sekolah tempatku belajar, berbeda bengets sama materi HSK 5. Dan aku juga baru tahu mau ambil HSK 5 hanya berselang 86 hari sebelum tanggal 2 Desember 2017. Sebelumnya, aku masih nganggep aku cuma butuh HSK 4, dan dulu mindset aku ke HSK 4 itu, "GILA LO LULUS HSK 4 WOOOOOOOOOOOO". Ndilalah, universitas impian... menurut seorang kakak Indonesia yang lolos beasiswa dan diterima di univ tsb.... (dan tahun itu hanya dia seorang) butuh sertifikat HSK 6. Ya kali cyin. Ya kali. :') jadi, dengan sakit hati diriku melihat kondisi dan sadar GAMUNGKIN LO LULUS HSK 6 dengan persiapan hanya 86 hari. Kecuali kalau keajaiban terjadi, tentu sj. Oya, univ uhuk tersebut adalah PKU. Yang ternyata,

HSK 5 terdiri atas tiga bagian;
tingli / Listening (kemampuan mendengar)
du / Reading
xiezuo / Writing

Masing-masing memiliki nilai maksimal 100. Sehingga nilai total maksimalnya adalah 300.

Menurut guruku;

3 tahun belajar mandarin di tiongkok, umumnya siswa bisa melewati HSK 6.
2 tahun belajar mandarin di tiongkok, umumnya siswa bisa melewati HSK 5.
(meski kulihat orang-orang yang udah pada belajar 2 tahun ada aja yg nilainya ga mencukupi standar minimal kelulusan HSK ; 180 dari 300. 300 adalah nilai maksimal.)
1 tahun belajar mandarin di tiongkok, umumnya siswa bisa melewati HSK 4.
(tapi aku ngeliat temen-temenku yg belajar Mandarin setahun lulus HSK 4 dengan nilai pas pasan :''')))) dan itu sebenarnya tidak pantass!! ternyata bisa banget lebih dari itu! nanti insyaAllah aku tulis analisis aku di bawah )

Menurut guruku, beliau pernah kenal seorang mahasiswa asing dari Jepang yang tekun mempelajari HSK 6 selama setahun. Sebelumnya, beliau belum pernah belajar bahasa Mandarin. DAN TIDAK LULUS. Like WHAT. Padahal bukannya orang Jepang juga huruf kanjinya sama ya sama aksara Mandarin, cuma beda pengucapan? Ih, tau ah.

HSK 6 butuh minimal penguasaan terhadap 3500 kosa kata.
HSK 5 2500 kosa kata.
HSK 4 1400 kosa kata.
Satu kosa kata, bisa jadi terdiri atas satu kata, dua kata, tiga kata, atau bahkan empat kata atau lebih HAHAHAHA. Yang empat kata seringkali berupa chengyu alias idiom, tapi jumlahnya di HSK 5 sih nggak begitu banyak, tapi di HSK 6 aku pernah lihat sekilas dan lebih banyak.

Karena itu, aku mengambil tes HSK berbasis komputer! Karena kalau berbasis kertas yang ditulis manual dengan tangan, kemungkinan salah tulis SA N G  A D   B E S A R. Ya u tau sendiri kan, salah satu goresan, satu titik, SALAH BESARRRRRR. Jadi... kalau komputer, kan, tinggal ketik pinyinnya, trus muncul deh aksara hanzi yang bisa kita pilih. Ga keriting tangan u.

Oya, kalau tes HSK di Indonesia, bisa lihat info salah satu tempat tes HSK dan HSKK di link ini ya . Aku baru aja searching dan nemu itu. PASTI ada tempat lain kok yang menyediakan tes HSK maupun HSKK di Indonesia, seperti Confucius Institute, dsb, monggo dicari.


Kalau kata guru Mandarin aku di Jogja, umumnya mahasiswa yang S1nya berkaitan dengan Bahasa Mandarin di Indonesia dapat melalui tes HSK 4. Tapi, aku yakin kamu bisa lebih dari itu. Meski, harus sadar diri; mahasiswa yang belajar Mandarin di negara asalnyah sendiri, Tiongkok, pasti memiliki kemajuan yang lebih pesat karena latihannya hampir 24 jam cyiiin. Belum lagi, dalam kasusku semua guruku murni berbahasa Mandarin. Eh, ga murni-murni banget sih di minggu pertama bertemu. Sehari ada lah ngomong 3-5 kata dalam bahasa Inggris. Sisanya, ya..... Alhamdulillah, sesuatu cyin. He he, lumayan membuat tiga bulan awal cukup....... stres, wkwk. Habisan, ngga ngertii :') dan guru aku ngomongnya cepet banget.


Aku tes tanggal 2 Des dan hasilnya dapat diambil 45 hari setelah tes. Tapi di kasusku, molor satu hari (mungkin karena badai salju). DAN AKHIRNYA AKU NGAMBIL HASIL TES DI HARI YG SM DGN HR KEPULANGANKU KE INDO. Pagi ke tempat tes, sore ke bandara. Rasanya itu, nyes. Ngeri.

Tips bagi teman-teman yang ga ngerti mandarin eh kudu ngambil HSK ;

- download aplikasi Pleco. H A R U S.
- belajar dari video online. 1) youtube. DOWNLOAD SEBANYAK MUNGKIN VIDEO. Cari tempat berwifi kencang. SANGAT MEMBANTUKU. 2) download aplikasi mirip youtube kepunyaan Tiongkok, youku. disitu ada video-video untuk HSK 5 (aku gatau HSK 4/6 karena aku ga nyari, coba aja ya, sepertinya ada!) yang ga ada di youtube dan itu sangat membantu!
- dengerin lagu Tiongkok. Bisa mulai dari lagu anak-anak yang bahasanya sederhana dan lagu pop.
- print vocabulary listnya.
- sadar diri, berpacu dg waktu.
- habiskan waktumu dg belajar, berolahraga, stop kegiatan nggak guna. Ga boleh ada alasan. Kalo ada? Selamat tidak lancar-lancar amat.


Ancaman :

1. Jangan daftar di detik-detik akhir. 

Karena; A) kuota bisa habis! ini terjadi padaku, dan aku hampir saja harus pergi ke kota / provinsi lain untuk tes ini. Untung aja, masih ada satu tempat di Nanjing, meski JAUH CYIN. B) Server web pendaftaran bisa jadi down karena diakses banyak orang. Kalau udah begitu caranya, u kudu terjaga di jam-jam yang kira-kira orang-orang udah tepar. Jam empat pagi, misalnya.

Aku capek nulis ini. InsyaAllah dilanjut lagi dengan contoh sertifikat seperti apa dan pembaruan info ya. Ini sekali duduk lho nulisnya, wkwk.

Salam semangkuuuy!
Bella


Popular Posts

Blogger templates

Powered by Blogger.