Saturday 13 August 2016

YGY #3 : Mata Aksara

Yha, met malem temen-temen! So tonight, aku masih stay di wifi café nearby. And it’s Saturday night tho. I KNOW, THE WIFI CAFÉ ISN’T SOO CROWDED BECAUSE MANY PEOPLE GO ON DATES. And here I am dating mi laptop. Alhamdulillah.

So lemme tell ya gimana tadi aku and some people visiting TBM Mata Aksara dalam rangka acara Gemar Makan Ikan.  Btw, TBM adalah singkatan dari Taman Bacaan Masyarakat. Which ez, very cool.



TBM Mata Aksara ini terletak di Jakal alias Jalan Kaliurang Km. 14,5, Yogyakarta. Di TBM Mata Aksara ini, ada perpustakaan yang tempatnya multifungsi, bisa sebagai tempat diskusi, rapat, tiduran, tempat bermain anak-anak, tempat belajar, tempat membuat kerajinan, dan sepertinya masih banyak lagi!


Bu Heny, perintis TBM Mata Aksara, bersama dengan suaminya, Pak Adi. Keduanya orang hebat, euy.

Dan inilah foto dari salah satu sudut perpustakaan yang dimiliki TBM Mata Aksara.



Dan for your info ya, buku-bukunya hazek banget! The kind of books I haven’t read and eager to read. :’) You mention kumpulan cerpen peraih penghargaan nobel, ensiklopedi americana, et cetera.  
And I’m not visiting alone, mi have mi very awesome fellas around, Kak Fathan Mubin, Atikah Az Zahidah, Kak Rahma, Kak Rara, Kak Icin, Kak Bille, Kak Ra siapa lagi gitu da aku lupa huee. Kecuali Atikah, semua kakak-kakak itu dari komunitas Celengan Berbagi, komunitas kepedulian social yang digerakkan oleh mayoritasnya, mahasiswa dan mahasiswi. And Kak Fathan itu ya penggagasnya.
And Atikah, finally, we meet in real life after being such good friends via online! Toel Sasa. Atikah is a Pink Berry Club writer lho.

I am thinking about writing in one language in one post, all in Indonesian... but since I’ve wrote this long biarkan saja ya kali ini. 

So about the acara Gemar Makan Ikan, acara itu adalah acara tahunan. Tahun lalu, acara GMI juga digelar. Tahun ini, adalah Kakak-kakak dari Universitas Sanata Dharma yang sedang KKN di Mata Aksara, yang membuat dan mengajukan proposal GMI ke Dinas Kelautan untuk meminta bantuan dalam mendanai acara Gemar Maka iIkan. Yeaaay..

Dan ternyata, Kakak-kakak ituu adalah mahasiswa program studi PPGT PGSD.PPGT  PGSD: Program Peningkatan Guru Terintegrasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.  Berasal dari NTT, karena program PPGT diprioritaskan untuk daerah 3T: Terdepan, Termiskin, Terbelakang. Mereka semuanya dari NTT (Kab. Manggarai, Flores, Ende, Lembata).


Jadi, daerah tempat TBM Mata Aksara berada bernama Ngemplak dan terkenal sebagai daerah penghasil ikan air tawar. So, dalam acara ini, TBM Mata Aksara, Dinas Kelautan dan Kakak-kakak KKN dari Universitas Satya Dharma  bekerja sama untuk menyiarkan bahwa makan ikan itu sehat, enak, sampai ke tips-tips cara memilih ikan yang segar, dan bukan hanya itu—menyediakan PANGANAN DARI BERBAGAI MACAM IKAN LAUT SECARA GRATIS! D’AAAWW!

I found that so enchanting. Karena untuk meningkatkan mutu seorang individu, tidak cukup hanya dengan asupan ilmu pengetahuan dan pembinaan karakter. Otak kita juga butuh nutrisi, tubuh kita juga butuh makanan sehat penuh gizi! Dan ikan, adalah salah satu bahan makanan yang manfaatnya banyak banget kan dan katanya sih, bisa bikin pinter!

Percaya nggak?

Aku sih pernah ngebuktiin, lho, tepatnya secara tidak sengaja, sih. Jadi, mamahku itu tipe orang yang suka beli ikan aneh-aneh. Dalam seminggu, Mamah bisa hanya memasak ayam satu kali di rumah. Lainnya? Ikan.

Dan suatu hari, selama sekitar lima hari berturut-turut, aku makan ikaaan melulu. Dan kamu tau? Aku ngerasa pelajaran cepet masuk ke otak aku. Dan temen-temen aku sampai pada bilang, “Bella abis makan ikan.” Saking aku ngeh-nya sama pelajaran, hahaha. Padahal mereka nggak tahu kalau aku beneran makan ikan selama lima hari berturut-turut. HAHAHA.

Enough my curhat time.

Oh iya, pertamanya kami mempraktikkan senam ikan-ikan gitu, hahaha. Terus ada berbagai game dengan hadiah baju.  

Dan bahkan, ada kameramen dari Kompas TV yang meliput, lho! Aku masuk TV, nggak ya? Haha.

Panganannya juga macam-macam: Ikan tuna yang dimasak dengan berbagai cara, mulai dari dibumbu lengkap, disambel, dibuat sup, lalu ada pempek (YESS), ada siomay, ada nugget ikan, ada juga berbagai sayur mayur dan berbagai saus dan sambal! Ini sih rezeki. 😂











Menyediakan panganan berbagai macam ikan laut segar untuk warga dan anak-anak sekitar, selain setiap harinya memfasilitasi tempat pertemuan, perpustakaan yang penuh dengan buku-buku yang membuat mata berbinar *hazek*, memberikan kesempatan dan tepuk tangan bagi anak-anak untuk tampil ke depan, berbicara, bernyanyi, menari… ah, bisa lebih lovely dari itu nggak, sih?

Bisa, lho.
I feel the connection, between people there. The mothers, the pengurus’ers, the volunteers, the childrens. The place itself. I feel the bond.
(apa aku terlalu baper)



Happy boys is happy.


Sepertinya itu dulu, ya, ceritaku.

I wish you somewhere have a wonderful and happy day,
Bella.





0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogger templates

Powered by Blogger.